Posted on 11.48

How to Add Facebook Comments Form to Personal Website



Salah satu website yang baik adalah website yang bisa digunakan untuk berinterkasi dengan pengunjungnya. Bentuk interaksi tersebut salah satunya adalah dengan melalui adanya kolom komentar untuk setiap informasi yang ada di dalam website kita. Nah, untuk menyediakan kolom komentar itu sendiri ada berbagai cara yang bisa dipakai dari nyekrip sendiri, bikin manajemen komentar sendiri, atau yang lebih mudah, lebih powerfull, dan bisa men-drive pengunjung ke website kita adalah dengan memanfaatkan kolom komentar facebook.

Untuk bisa memajang facebook comment form di website kita, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Ambil Codenya
  2. Sispkan JavaScriptnya ke website
  3. Customasi code yang sudah di dapat

Mengambil Code

Untuk mendapatkan code integrasi kita harus mengunjungi terlebih dahulu Facebook Comment Plug-in Page dan mengisi kolom sesuai spesifikasi yang kita butuhkan, seperti dapat dilihat pada gambar berikut:


Kosongkan URL jika kita ingin form bersifat dinamis/bisa muncul di setiap post. Sedikit saran, website yang kita buat sebaiknya terbagi menjadi beberapa modul sehingga nilai URL nantinya bisa lebih dinamis.

Dari halaman plug-in facebook kita akan mendapatkan dua macam code yaitu code javascript dan blok
 untuk meletakkan form komentar, seperti gambar berikut:


Sisipkan Code JavaScript

Langkah selanjutnya adalah menyisipkan code javascript. Sebaiknya letakkan langsung setelah tag body dibuka seperti contoh berikut:

[php]






/*Letakkan code javascript disini*/

[/php]

Kembali lagi ke modularisasi, dengan adanya modularisasi ini juga akan mempermudah kita dalam menyisipkan code javascript. Jika kita sudah menyediakan 1 file header yang mengandung code javascript maka script tersebut akan terbaca dari halaman apapun yang menginclude file header.

Langkah terkahir adalah meletakkan blok <div> di tempat dimana kita menginginkan kolom komentar muncul. Untuk mendapatkan URL dinamis, customasi code seperti berikut:

[php]
[/php]

  Read More

0 Responses to How to Add Facebook Comments Form to Personal Website

Posting Komentar